Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Program Pendidikan

Fakultas Ilmu Komputer merupakan salah satu fakultas di Universitas Mulia yang memiliki empat(4) program studi berbeda yaitu sistem informasi, informatika dan teknologi informasi. Pada Setiap prodi memiliki kuliah konsentrasi yang berbeda-beda, mata kuliah konsentasi dapat ditempuh ketika mahasiswa berada disemester empat (4) dengan syarat memenuhi mata kuliah tertentu.

  • D3 Administrasi Perkantoran
  • D3 Manajemen Industri
  • S1 Akuntansi
  • S1 Manajemen

Diploma 3 Administrasi Perkantoran merupakan Jurusan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulia. Pada jurusan ini mahasiswa belajar mengenai bagaimana belajar serta praktek melakukan administrasi perkantoran yang baik, ramah, dan efisien, mahasiswa yang lulus akan mendapat gelar Amd.A.P.S.

Ketika Mahasiswa telah berada di semester empat (4). Mahasiswa akan memasuki fase penjurusan yaitu mata kuliah konsentrasi. Mahasiswa hanya dapat memilih salah satu mata kuliah konsentrasi sebagai berikut.
1. Digital Record Management
2. Bussiness Administration Technology

Diploma 3 Manajemen Industri merupakan Jurusan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulia. Pada jurusan ini mahasiswa belajar mengenai bagaimana melakukan manajemen dalam dunia industri, mahasiswa yang lulus akan mendapat gelar Amd.M.

Ketika Mahasiswa telah berada di semester empat (4). Mahasiswa akan memasuki fase penjurusan yaitu mata kuliah konsentrasi. Mahasiswa hanya dapat memilih salah satu mata kuliah konsentrasi sebagai berikut.
1. Supply Chain Management
2. Digital Marketing Management

Sarjana Akuntansi merupakan Jurusan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulia. Pada jurusan ini mahasiswa belajar mengenai permasalahan akuntansi, mahasiswa yang lulus akan mendapat gelar S.E.

Ketika Mahasiswa telah berada di semester empat (4). Mahasiswa akan memasuki fase penjurusan yaitu mata kuliah konsentrasi. Mahasiswa hanya dapat memilih salah satu mata kuliah konsentrasi sebagai berikut.
1. Accounting and Financial Technology
2. Accounting Information System

Sarjana Manajemen merupakan Jurusan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulia. Pada jurusan ini mahasiswa belajar mengenai bagaimana melakukan manajemen dalam dunia pekerjaan, mahasiswa yang lulus akan mendapat gelar S.M.

Ketika Mahasiswa telah berada di semester empat (4). Mahasiswa akan memasuki fase penjurusan yaitu mata kuliah konsentrasi. Mahasiswa hanya dapat memilih salah satu mata kuliah konsentrasi sebagai berikut.
1. E-Bussiness Management 
2. Bussiness Inovation Management

Konsentrasi Penjurusan

Konsentrasi penjurusan merupakan pilihan fokus matakuliah yang dipilih oleh mahasiswa ketika telah memasuki semester empat (4) dengan syarat memenuhi mata kuliah tertentu. Pada setiap program studi memiliki fokus mata kuliah yang berbeda-beda. Diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan minat dan bakat yang dimilikinya dengan memfokuskan mata kuliah. Simak informasi mengenai fokus konsentrasi guna mempersiapkan diri untuk terjun mempelajari ilmu yang diminati.

KONSENTRASI INI AKAN MEMBENTUK KARAKTER MANDIRI YANG MEMILIKI KEAHLIAN DALAM MENGEMBANGKAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK PEMECAHAN MASALAH BISNIS DAN SEBAGAI PENGHUBUNG ANTARA KEBUTUHAN BISNIS DI SEKTOR INDUSTRY DAN PENELITIAN DENGAN TEKNOLOGI INFORMASI YANG BERKEMBANG SAAT INI. MAHASISWA AKAN MEMPELAJARI MODEL BUSINESS TEKNOLOGI INFORMASI DENGAN MENGGABUNGKAN 4 FOKUS AREA YAKNI BUSSINES ANALYSTIC, DIGITAL MARKETING, APLIKASI SOCIAL MEDIA, START-UP DAN IT ENTERPRENEURSHIP.

pROSPEK KARIR : KEWIRAUSAHAAN TEKNOLOGI INFORMASI (INFORMATION TECHNOPRENEURSHIP), START-UP DEVELOPMENT, SISTEM APLIKASI GAME (GAME APPLICATION SYSTEM), PUSAT DATA (DATA CENTER), REKAYASA ALGORITMA (ALGORITHM ENGINEERING), INTEGRASI SISTEM (SYSTEM INTEGRATION), SOLUSI BISNIS (BUSINESS SOLUTION), KEAHLIAN INFORMATIKA UNTUK PENGGUNA (COMPUTER APPLICATION).

METODE PERKULIAHAN : PERKULIAHAN DILAKSANAKAN SECARA TATAP MUKA, KELAS ONLINE, PRAKTIKUM, KERJA PRAKTEK, STUDI KASUS. MATA KULIAH KONSENTRASI : DIGITAL MARKETING, APLIKASI SOCIAL MEDIA, STARTUP DEVELOPMENT,INOVASI KEWIRAUSAHAAN DAN MARKETING

SERTIFIKAT LULUSAN : CISCO (CCNA 1-4, CCNA SECURITY), MIKROTIK MTCNA , ORACLE, BNSP, MICROSOFT

KONSENTRASI INI BERKAITAN DENGAN PENGEMBANGAN KEMAMPUAN SEORANG INDIVIDU DALAM MERANCANG, MEMBUAT, MENGEMBANGKAN, DAN MENERAPKAN APLIKASI DAN/ATAU KONTEN BERBASIS MULTIMEDIA DALAM PLATFORM ANTARMUKA (USER INTERFACE) YANG BERAGAM. MULTIMEDIA MERUPAKAN REPRESENTASI DIGITAL DALAM BERBAGAI FORMAT MEDIA SEPERTI: TEKS, GAMBAR/CITRA/GRAFIS, SUARA/AUDIO, FILM/VIDEO, ATAU KOMBINASI DI ANTARANYA. BERAGAM MEDIA INI DIKEMBANGKAN UNTUK KEBUTUHAN PENGGUNA YANG MENGINGINKAN ADANYA MODEL NAVIGASI APLIKASI (INPUT MAUPUN OUTPUT) YANG MENARIK, MUDAH DIGUNAKAN (USER FRIENDLY)

PROSPEK KARIR : MULTIMEDIA DESIGNER, DESAINER GRAFIS, AUDIO VISUAL SUPERVISOR, MULTIMEDIA LIBRARIAN

METODE PERKULIAHAN : SMALL GROUP DISCUSSION, CONTEXTUAL INSTRUCTION, PROJECT BASED LEARNING,

MATA KULIAH KONSENTRASI : VISUAL AND GRAPHICS, DIGITAL IMAGE PROCESSING, PEMODELAN 2 DIMENSI, PEMODELAN 3 DIMENSI, COMPUTER ANIMATION

SERTIFIKASI LULUSAN : TOEFL, TOEIC, ACA, MICROSOFT, BNSP

PADA KONSENTRASI INI ANDA AKAN BELAJAR UNTUK MELAKUKAN ANALISIS, MERANCANG DANMENGEMBANGKAN APLIKASI ATAU PERANGKAT KERAS DI BIDANG ROBOTIKA DAN KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE) SECARA MENDALAM, SEPERTI MELAKUKAN IDENTIFIKASI OBJEK DARI GAMBAR DAN VIDEO, MELAKUKAN PERAMALAN DAN MEMBANTU PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN, MEMBANGUN APLIKASI YANG DAPAT MELAKUKAN DIAGNOSIS DAN MEMBANTU KERJA PAKAR, MEMBUAT DAN MENGEMBANGKAN PERANGKAT KERAS ROBOTIK DENGAN BERBAGAI
METODE KECERDASAN BUATAN, DAN LAIN SEBAGAINYA. SELAIN ITU ANDA JUGA AKAN MENDAPATKAN PEMBELAJARAN KOMUNIKASI DAN KEWIRAUSAHAAN YANG BAIK SEHINGGA DIHARAPKAN LULUSAN TIDAK HANYA MAMPU MENJADI PEMENUH KEBUTUHAN AHLI TI PERUSAHAAN DAN RESEARCHER (PENELITI) NAMUN JUGA DAPAT MENJADI LULUSAN YANG MEMILIKI JIWA KEMANDIRIAN WIRAUSAHA (TECHNOPRENEURSHIP).

PROSPEK KARIR : INTELLIGENT SYSTEM SPECIALIST (COMPUTER VISION ENGINEER, MACHINE LEARNING ENGINEER, DATA SCIENTIST, BIG DATA ENGINEER, ROBOTIC ENGINEE), IT RESEARCHER (PENELITI), AKADEMISI, TECHNOPRENEURSHIP. METODE PERKULIAHAN: PERKULIAHAN DILAKSANAKAN BAIK DI DALAM KELAS MAUPUN DI LUAR KELAS. PENYAJIAN MATERI PEKULIAHAN YANG DITERAPKAN MERUPAKAN PENGGABUNGAN DARI
TEORI DAN STUDI KASUS YANG DAPAT BERUPA CERAMAH MAUPUN PRAKTIK DI LABORATORIUM DAN LAPANGAN.

MATA KULIAH KONSENTRASI : KECERDASAN BUATAN, SISTEM PAKAR, SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN, JARINGAN SYARAF TIRUAN, PENGOLAHAN CITRA DIGITAL, LOGIKA FUZZY, PEMBELAJARAN MESIN, PENALARAN KOMPUTER, COMPUTATIONAL INTELLIGENT.

SERTIFIKASI LULUSAN : TOEFL, TOEIC, MICROSOFT, BNSP

PADA KONSENTRASI INI ANDA AKAN DIARAHKAN UNTUK DAPAT MEMAHAMI DAN MENGUASAI KONSEP PENGEMBANGAN APLIKASI PERANGKAT BERGERAK (MOBILE APPLICATION) PADA PLATFORM TERTENTU YANG MELIPUTI TAHAPAN ANALISIS, PERANCANGAN, DESAIN ANTAR MUKA, DESAIN PENGALAMAN PENGGUNA, DESAIN INTERAKSI PENGGUNA DAN IMPLEMENTASI SERTAMAMPU MENGGUNAKAN TEKNIK DAN PERANGKAT PEMROGRAMAN DALAM PENGEMBANGAN MOBILE APPLICATION. ANDA JUGA AKAN DIARAHKAN AGAR DAPAT MEMAHAMI KONSEP PEMROGRAMAN BAIK TERSTRUKTUR MAUPUN BERBASIS OBJEK DAN MAMPU MENERAPKANNYA BERSAMA-SAMA DENGAN KONSEP STRUKTUR DATA DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN DI
DUNIA NYATA. SELAIN ITU ANDA JUGA AKAN MENDAPATKAN PEMBELAJARAN KOMUNIKASI DAN KEWIRAUSAHAAN YANG BAIK SEHINGGA DIHARAPKAN LULUSAN TIDAK HANYA MEMPU MENJADI PEMENUH KEBUTUHAN AHLI TI PERUSAHAAN DAN RESEARCHER (PENELITI) NAMUN JUGA DAPAT MENJADI LULUSAN YANG MEMILIKI JIWA KEMANDIRIAN WIRAUSAHA (TECHNOPRENEURSHIP).

PROSPEK KARIR : MOBILE APPLICATION SPECIALIST (MOBILE APPLICATION DESIGNER, ANDROID DEVELOPER, IOS DEVELOPER, MOBILE SOFTWARE ENGINEER), IT RESEARCHER (PENELITI), AKADEMISI, TECHNOPRENEURSHIP.
METODE PERKULIAHAN: PERKULIAHAN DILAKSANAKAN BAIK DI DALAM KELAS MAUPUN DI LUAR KELAS. PENYAJIAN MATERI PEKULIAHAN YANG DITERAPKAN MERUPAKAN PENGGABUNGAN DARI TEORI DAN STUDI KASUS YANG DAPAT BERUPA CERAMAH MAUPUN PRAKTIK DI LABORATORIUM DAN LAPANGAN.
MATA KULIAH KONSENTRASI: PEMROGRAMAN APLIKASI MOBILE, PEMROGRAMAN WEB, DATA BASE MANAGAMENT SYSTEM, SISTEM INFORMASI, MOBILE APPLICATION DEVELOPMENT ENVIRONMENTS, USER EXPERIENCE DESIGN.

SERTIFIKASI LULUSAN : ORACLE ACADEMY DATABASE FOUNDATION, ORACLE ACADEMY JAVA FOUNDATION, BNSP, MICROSOFT, ASSOCIATE ANDROID DEVELOPER

KONSENTRASI INI BERKAITAN DENGAN KEMAMPUAN SEORANG INDIVIDU DALAM MERANCANG, MEMBANGUN, DAN MENGIMPLEMENTASIKAN SISTEM BASIS DATA DAN/ATAU INFORMASI (KONTEN DIGITAL) DALAM MULTIPLATFORM. RUANG LINGKUP DAN JENIS MODEL DATABASE DIMAKSUD BERANEKA RAGAM, SEPERTI BERBASIS STRUKTUR, RELASIONAL, OBJEK, DAN LAIN SEBAGAINYA. PERAN SESEORANG DIDALAM BUSINES INTELLIGENCE DIANTARANYA MENIGKATKAN PROFIT, MENURUNKAN BIAYA, PENINGKATAN PEMASARAN, MEMPERMUDAH PENGAMBILAN KEPUTUSAN. DALAM HAL PENINGKATAN PROFIT, BUSINESS INTELLIGENCE DAPAT MEMBANTU MENGAMBIL KEPUTUSAN YANG BERSIFAT STRATEGIS YANG DI MANA KEPUTUSAN YANG TEPAT TENTUNYA AKAN MEMPENGARUHI PENDAPATAN PERUSAHAAN YANG JUGA AKAN BERDAMPAK PADA KEUNTUNGAN PERUSAHAAN.

PROSPEK KARIR : SYSTEM ANALYST, DATABASE ADMINISTRATOR, BUSINESS PROCESS ANALYST, INFORMATION SYSTEM AUDITOR, OPERATIONS ANALYST
METODE PERKULIAHAN : SMALL GROUP DISCUSSION, CONTEXTUAL INSTRUCTION, CASE STUDY DAN PROJECT BASED LEARNING.

SERTIFIKASI LULUSAN : BNSP, ORACLE ACADEMY DATABASE FOUNDATIONS, ORACLE ACADEMY JAVA FOUNDATIONS

KONSENTRASI INI MERUPAKAN PENGEMBANGAN LEBIH LANJUT DARI DIGITAL ART AND DESIGN YANG LEBIH DIFOKUSKAN DALAM MERANCANG, MEMBUAT, MENGEMBANGKAN, DAN MENERAPKAN APLIKASI DAN/ATAU KONTEN BERBASIS MULTIMEDIA. AKAN TETAPI DI CREATIVE ANIMATION AND MULTIMEDIA, LEBIH DIKEMBANGKAN KEDALAM CARA BERPIKIR MULTIMEDIA
SPECIALIST. SELAIN MAMPU MENCIPTAKAN PRODUK INFORMASI KREATIF SERTA INTERAKTIF BERBASIS MULTIMEDIA, ANDA AKAN BELAJAR UNTUK MENJADI MULTIMEDIA ANALYST ATAUPUN MULTIMEDIA CONSULTANT YANG TERAMPIL DI BIDANGNYA DENGAN BERBAGAI MEDIA (MULTIPLATFORM), MUDAH DIGUNAKAN (USER FRIENDLY), DAN DENGAN DESAIN ANTARMUKA (USER INTERFACE) YANG BERAGAM.

PROSPEK KARIR : MULTIMEDIA SPECIALIST, VIDEO EDITOR, ADVANCE ANIMATOR, ADVANCE MULTIMEDIA DESIGNER.

METODE PERKULIAHAN : SMALL GROUP DISCUSSION, CONTEXTUAL INSTRUCTION, CASE STUDY DAN PROJECT BASED LEARNING.

SERTIFIKASI LuLUSAN : TOEFL, TOEIC, ACA, MICROSOFT, BNSP

Konsentrasi ini akan membentuk karakter yang memiliki keahlian dibidang forensik identifikasi, keamanan siber, teknologi internet of things untuk smart city, integrasi sistem dan layanan awan (cloud computing) yang bersertifikasi untuk mendukung kemandirian berkompetisi ditingkat nasional dan internasional.

Mahasiswa akan belajar mengenai ilmu komputer dalam bidang teknologi informasi, serta dapat turut dalam mengembangkan forensic identifikasi & keamanan siber teknologi berbasis internet (internet of things).

Prospek Karir : SECURITY ANALIST, CISO (CHIEF INFORMATION SECURITY OFFICER) OR DIRECTOR OF SECURITY, PENETRATION TESTER, COMPUTER FORENSICS INVERSTIGATOR OR FORENSIC ANALYST, VULNERABILITY SECURITY RESEARCH ENGINEER, SECURITY AUDITOR, SECURITY ARCHITECT, INCIDENT RESPONDER, DISASTER RECOVERY MANAGER, COMPUTER CRIME INVESTIGATOR AND MALWARE ANALIST, PEMROGRAMAN (PROGRAM BUILDING), REKAYASA PERANGKAT LUNAK ( SOFTWARE ENGINEERING), MANAJEMEN DATA (DATA MANAGEMENT SYSTEM), TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI (INFORMATION TECHNOLOGY GOVERNANCE), KEAMANAN TECHNOLOGY INFORMASI ( INFORMATION TECHNOLOGY SECURITY), INTERAKSI MANUSIA MESIN ( HUMAN MACHINE INTERACTION),SISTEM INTELIJEN (INTELLIGENT SYSTEM), SISTEM MULTIMEDIA (MULTIMEDIA SYSTEM), SISTEM JARINGAN DAN KOMUNIKASI (NETWORK AND COMMUNICATION), KOMPUTASI AWAM (CLOUD COMPUTING), PRAKTISI HUKUM DI BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI (LAWS IN INFORMATION TECHNOLOGY).

Metode Perkuliahan : PERKULIAHAN DILAKSANAKAN SECARA TATAP MUKA, KELAS ONLINE, PRAKTIKUM, KERJA PRAKTEK, STUDI KASUS

Mata Kuliah Konsentrasi  : ROUTING & SECURITY JARINGAN , IT FORENSIC, DATA IMAGE PROCESSING.

Sertifikat Lulusan : CISCO (CCNA 1-4, CCNA SECURITY), MIKROTIK MTCNA , ORACLE, BNSP, MICROSOFT, CHFI ( COMPUTER HACKING FORENSIC INVESTIGATOR ), CEH (CERTIFIED ETHICAL
HACKER).

KONSENTRASI INI BERKAITAN DENGAN KEMAMPUAN SEORANG INDIVIDU DALAM MERANCANG, MEMBANGUN, MENGOPERASIKAN, DAN MENGAWASI BERBAGAI KOMPONEN TEKNIS INFRASTRUKTUR JARINGAN DAN TELEKOMUNIKASI. INFRASTRUKTUR JARINGAN DISINI MENCAKUP MEDIUM ENTERPRISE NETWORK DAN INFRASTRUKTUR TELEKOMUNIKASI DI SINI ADALAH MEDIUM TRANSMISI ATAU KONEKSI BERBASIS DIGITAL/ELEKTRONIK, YANG BEROPERASI MELALUI DARAT (TERESTRIAL), LAUT (KABEL LAUT), MAUPUN UDARA (SATELIT).PEMBELAJARAN KOMUNIKASI YANG BAIK JUGA AKAN DISERTAKAN DALAM RANGKA PENDEKATAN KEPADA ENDUSER SEBAGAI PENGGUNA LAYANAN JARINGAN YG DISEDIAKAN DAN JUGA SEBAGAI BEKAL MEMBUKA PELUANG WIRAUSAHA BERDASARKAN KOMPETENSI YG DIPELAJARI.

PROSPEK KARIR : NETWORK ADMINISTATOR, NETWORK SERVICES SUPERVISOR, NETWORK TECHNICIAN METODE PERKULIAHAN : IN CAMPUS DAN OFF CAMPUS SERTA PROBLEM BASED LEARNING (PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH)

MATA KULIAH KONSENTRASI : NETWORK PROGRAMMING, ROUTING PROTOCOLS, MOBILE NETWORKS, WIRELESS NETWORKS, STORAGE AREA NETWORKS, APPLICATIONS FOR NETWORKS

SERTIFIKASI LULUSAN : TOEFL, TOEIC, BNSP, MTCNA, CCNA, JAVA, ORACLE, MICROSOFT

PMB Universitas Mulia

Penerimaan Mahahsiswa Baru Universitas Mulia angkatan 2020/2021 telah dibuka untuk semua fakultas yang tersedia. Temukan informasi selengkapnya mengenai pendaftaran mahasiswa baru Universitas Mulia dan informasi lainnya mengenai fakultas serta jurusan / program studi yang tersedia di Universitas Mulia .

Fasilitas Kampus Universitas Mulia

Guna menunjang kondusif dan nyamannya proses belajar serta menyalurkan minat dan bakat mahasiswa Universitas Mulia, Kampus memiliki fasilitas-fasilitas yang mumpuni untuk menyalurkan bakat dan minat mahasiswa, terdapat variasi yang berbeda-beda. Temukan informasi fasilitas kampus Universitas Mulia.

Kunjungi Website Program Studi

Setiap Program Studi Memiliki Websitenya masing-masing. Temukan Gambaran-Gambaran pendidikan pada website-website mereka, guna mendapatkan informasi menarik seputar program studi yang kamu pilih.